Selamat Datang di Blog Kampung Nelayan

Masjid/mushollah sulit didapatkan di Mall dan Pusat perbelanjaan

Masjid dalam bahasa adalah “sajada-yasjudu” yang artinya bersujud. Masjid adalah bentuk ismu makan menunjukan tempat.  Dan Secara istilah  masjid adalah suatu bangunan atau tempat khusus untuk beribadah bagi umat Islam, masjid dinilai berperan penting dalam membentuk insan-insan yang berintegritas. Masjid dalam hal ini masjid secara umum tidak hanya sebagai tempat beribadah saja akan tetapi lebih kepada tempat berkumpul seluruh aktivitas kehidupan.

Saya teringat pada saat berkunjung ke beberapa tempat perbelanjaan di Jakarta, saat saya mencari tempat untuk sholat sangat sulit, hampir dipastikan disetiap mall atau tempat-tempat perbelanjaan maka masjid atau mushollah akan terdapat dibawa dilantai dasar atau paling tidak berada dipojok. Syukur-syukur kalau pihak mall memberikan ruangan yang luas agar daya tampung orang yang mau beribadah cukup memisahkan kaum laki-laki dan perempuan. Kalau tempatnya kecil maka sangat sulitlah untuk memisahkanya.

Ironis lagi ketika saya berada di tempat perbelanjaan dimana tempat ibadah sholat bagi pengunjung atau karyawan berada di lantai dasar dan dibawa tangga darurat sangat-sangat memperhatinkan ketika kemudian tempat ibadah yang menghubungkan manusia dengan penciptanya berada ditempat-tempat yang tidak layak, padahal masih banyak ruang kosong dan ruangan gedung yang lebih dan layak untuk digunakan menjadi tempat beribadah. Memang betul bahwa diterimanya ibadah sholat kita kepada tuhan Allah SWT tidak ditentukan dengan mewah atau tidaknya tempat kita melaksanakanya akan tetapi saya lebih menyayangkan ketika hubungan kita dengan tuhan menjadi pelengkap saja dari kehidupan yang ada di dunia ini.

Saya teringat dengan sebuah cermah di masjid bahwa keberadaan masjid atau tempat sholat di zaman peradaban islam sangat di utamakan, para pemimpin-pemimpin Islam yang dulu berjaya terlebih dulu membangun masjid sebagai tempat ibadah dan menyalurkan ide dan bermusyawarah lalu kemudian membangun pusat-pusat perdagangan. Beliau berkata bahwa masjid sangat menentukan keberadaan makmurnya suatu bangsa. Masjid harus menjadi tempat yang bisa mengeluarkan suatu bangsa dari kemiskinan.

Saya hanya menyampaikan bahwa yakini bahwa kemajuan suatu bangsa, negara, organisasi dan perusahaan oleh karena mesjid atau tempat beribadah dimakmurkan dan dibangun layaknya kita membangun rumah kita sendiri.

Salam hangat indar wijaya.



KARYA POPULER