Selamat Datang di Blog Kampung Nelayan

Membangun Poros Maritim Membangun Desa Pesisir Pulau-Pulau Kecil

Membangun Indonesia tidak harus dimulai dari kota-kota besar, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah  dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Itulah bunyi salah satu nawacita yang digagas presiden Jokowi. Nawacita ini sejatinya menjadi awal kebangkitan desa terutama desa yang berada di pulau-pulau kecil yang ada di daerah perbatasan, ini menjadi awal bahwa ribuan pulau-pulau kecil dan terdepan yang dimiliki bangsa Indonesia harus menjadi pionir dan ujung tombak poros maritim yang digagas Jokowi.

Pemahaman desa saat ini masih selalu identik dengan daratan pertanian yang jauh dari kawasan pesisir dan laut, desa selalu didefinisikan dengan keadaan dimana terletak dikawasan pegunungan dan perkebunan yang jauh dari aktifitas manusia termasuk modernisasi, jarang sekali orang berpikir bahwa desa selain daerah pegunungan juga terdapat di pulau-pulau kecil dan terdepan yang lebih sulit lagi medapat akses seperti yang ada di pegunungan. Desa yang terdapat didaerah pesisir dan pulau-pulau kecil hanya manusia-manusia yang termarginalkan menjadi anak tiri sejak saman orde baru sampai sekarang.
Kembali kepada program yang terdapat di nawacita Jokowi-JK bahwa desa harus dibangun dan diperkuat, bahwa desa harus mandiri manjadi maju dan rakyatnya sejahtera, jika desa bisa mandiri dan mengelolah keuangan dengan baik serta banyak indutsri skala kecil di tataran desa maka warganya dan penduduknya tidak lagi melakukan hijrah kekota-kota besar, jika kekuatan ekonomi desa maju maka masyarakat yang nasibnya didesa tidak menentu tidak lagi kekota menjadi tempat mengadu nasib.

Lalu bagimana dengan desa yang ada di pesisir dan pulau-pulau kecil …??? Tentunya sama dengan desa-desa pada umumnya, bahwa desa yang ada diperkebunan dan pegunungan memerlukan bantuan pemerintah untuk bisa mandiri maka otomatis desa yang ada di pesisir dan pulu-pulau kecil juga memerlukan sentuhan pemerintah agar bisa mandiri dan rakyatnya tidak lagi miskin. Desa yang ada dipesisir tentunya beda dengan desa yang ada dipegunungan. Dan sentuhan pemerintah tentunya harus sesuai dengan potensi sumberdaya alam dan SDM yang ada didesa tersebut.

Desa yang ada di pesisir dan pulau-pulau kecil harus dikembangkan sesuai potensinya, pemerintah harus hadir agar pengelolaan sumberdaya alam pesisir dan lautan berdampak berkelanjutan buat masyarakat pesisir, ada beberpa sektor penting yang harus dibangun pemerintah didesa pesisir dan pulau-pulau kecil. 1). perlunya menata Dana desa sesuai dengan UU desa saat ini, Termasuk perlunya koperasi desa sebagai upaya pemerintah mengusir para rentenir atau mafia yang menghisap masyarakat pesisir yang selama ini memiskinkan nelayan. 2) perlunya infrastruktur yang memadai, seperti pelabuhan atau dermaga kecil sebagai akses transportasi  perdagangan  antar pulau-pulau dan ke kota. Pelabuhan ini juga sebagai akses untuk keperluan logistic lainya. 3) sarana kesehatan dan pendididkan, dua pokok ini harus menjadi kewajiban pemerintah baik daerah maupun pusat sebab banyaknya angka kematian di pelosok pulau kecil juga disebabkan kurangya sarana kesehatan seperti puskesmas dan dokter. Sedangkan pendidikan menjadi sarana mencetak generasi bangsa yang berpikir lebih maju dan mandiri.

Sehingga 3 poin diatas harus menjadi prioritas didalam membangun desa yang ada dipesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia, jika itu terwujud maka saya yakin bahwa desa tidak menjadi sepih, desa tidak ditinggalkan lagi oleh masyarakatnya yang hijrah ke kota. Akan tetapi desa menjadi ramai, maju dan mandiri dikelolah oleh rakyatnya sendiri. jauh darii itu desa di pulau-pulau kecil dan terdepan akan menjadi garis utama terwujudnya poros maritim JOKOWI-JK.

Jakarta 2 November saat membaca UU desa dan dana desa Nawacita JOKOWI-JK. Salam hangat Indar Wijaya.



KARYA POPULER