Selamat Datang di Blog Kampung Nelayan

Tunduklah Sejenak

Didalam kehidupan yang terus bergerak berputar dalam ruang dan waktu otak kita kadang membutuhkan istirahat sejenak dari aktiitas yang sangat membebani pikiran, istirahat sejenak agar  bisa menjadi evaluasi diri terhadap apa yang sudah kita lakukan. Istirahat sejenak biasa disebut menepilah sejenak menarik nafas perlahan demi perlahan agar kita tidak kebablasan dan emosi kita bisa terkendali .

Menepih sejenak atau tunduklah sejenak akan menjadikan kita manusia manusia yang terkontrol , bisa mengendalikan diri dari luapan nafsu dan emosi sesaat, tunduk dan merenung beberapa menit saja akan menjadikan kita bisa melangkah lebih baik lagi kedepan dan lebih maju lagi sebab kita mengerti apa yang seharusnya kita lakukan untuk terus maju kedepan setelah kita telah tunduk dan merenung sejenak.
Jika hidup kita sehari hari dilakukan tanpa sama sekali melakukan perenungan sedetik saja maka kehidupan akan menjadikan kita manusia manusia yang tidak terkontrol,menyombongkan diri,angkuh dan seterusnya, kita terus maju melangkah tanpa adanya evaluasi diri apa yang yang seharusnya kurang dan harus dilengkapi untuk menjadi bekal maju. Jik itu terjadi maka tunggulah waktunya pelan atau cepat anda akan menabrak tembok yang besar yang akan menahan langkahmu.

Keberanian untuk maju dan terus bergerak tanpa adanya perenungan sedikitpun sama saja dengan nekad tanpa didasari niatan dan hasil evaluasi perenungan diri. Keberanian itu seperti keberanian para preman yang bermodalkan nekad semata,kekuatan fisik belaka dengan kata lain asal jadi dan asal melangkah.
Itulah sebabnya kenapa kita harus tunduk sejenak agar apa yang sudah kita lakukan bisa dievaluasi dan dibenahi dan ketika melangkah selanjutnya kita bisa melangkah dengan jalan baru hasil dari perenungan itu. Didalam agama kita juga seringkali diingatkan agar beristirahat sejenak melalui sholat 5 waktu yang menjadi tempat untuk merenung dan tunduk kepada sang pencipta tentang apa yang telah kita lakukan dan apa yang seharusnya akan dilakukan.
Tunduklah sejenak…tunduklah kepada tuhanmu dan mintahla petunjuknya agar bisa menjadikan kita manusia yang tidak sombong.
Jakarta menyambut tahun baru islam. 1437 H. saat hati ini menimpah banyak pikiran negative
By IW


KARYA POPULER