Selamat Datang di Blog Kampung Nelayan

KEMBALIKAN KEJAYAAN KKP


KEMBALIKAN KEJAYAAN KKP
Oleh : Indar Wijaya
            Mari kita mengenang kembali sejarah terbentuknya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sejak zaman orde baru pembangunan di Indonesia masih terfokus pada daratan dan daratan. Seakan melupakan keniscayaan kita memiliki luas lautan 5,8 juta km2 yang tak tersentuh pembangunan. Pada tanggal 26 Oktober 1999 masa Presiden Abdurrahman Wahid melantik Ir. Sarwono Kusumaatmaja sebagai Menteri Eksplorasi Laut yang diikuti dengan terbentuknya Departemen Eksplorasi Laut (DEL). Namun pada 1 Desember 1999 terdapat perubahan nomenklatur menjadi Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan. Selanjutnya, sidang tahunan MPR tahun 2000 memutuskan perubahan nomenklatur menjadi Departemen Kelautan dan Perikanan. Serta pada akhirnya tahun 2009 berubah menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sektor kelautan dan perikanan digadang – gadang sebagai solusi untuk mengatasi krisis ekonomi yang dialami Indonesia.
            Hal ini didasari oleh Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 17.508 pulau dan garis pantai 81.000 km2 yang memiliki sumberdaya alam laut yang tidak digarap optimal, pembangunan masih berorientasi pada daratan padahal lautan juga menjadi sumber perekonomian bangsa, peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan akan sumber pangan hewani untuk kecerdasan dan kesehatan dan potensi kawasan pesisir sebagai kawasan pembangunan yang dinamis. 
            Salahsatu strategi untuk mengelola anugerah Tuhan yang Maha Esa berupa potensi luar biasa tersebut, kita harus memiliki pemimpin di tingkat Kementerian Kelautan dan Perikanan yang professional serta berjiwa membangun perikanan dan kelautan yang berkelanjutan sebesar – besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Tidak bisa kita pungkiri, kualitas sumberdaya manusia memiliki arti penting akan kemajuan pembangunan. Semoga siapapun menteri kelautan dan perikanan yang terpilih tidak hanya titipan partai tapi benar – benar dari kalangan professional. Jaya Perikanan untuk Indonesia !
            Dengan harapan baru indonesia dengan presiden baru terpilih kami mendoakan agar menteri perikanan yang akan membantunya di kabinet dipilih berdasarkan kemampuan bekerja dan merupakan kalangan profesioanl.bukan hanya sebatas pembagian kursi kekuasaan.
Salam bahari..!!!


Tidak ada komentar:

KARYA POPULER